Senin, 17 Agustus 2009

Dirgahayu Republik Indonesia




Sudah 64 tahun sejak pertama Bapak Soekarno membacakan teks proklamasi,
mengumumkan kemerdekaan kita, membebaskan bangsa Indonesia dari penjajahan.

Indonesiaku tercinta,
bagaimanakah keadaanmu sekarang?
berkembang majukah dirimu, berjalan di tempatkah
atau malah berjalan mundur?

tak bisa kunilai, tak mengerti ku menilai
tapi, apa yang bisa kuberikan untuk negaraku
karena diriku juga insan Republik Indonesia

Aku malu sebenarnya,
aku begitu terharu ketika melihat detik-detik proklamasi di televisi,
mengikuti pengibaran bendera, anggota paskibraka yang menunjukkan
keutuham bumi pertiwi ini.(1)
aku begitu iri kepada mereka, aku begitu rindu dengan derap hentakan kaki
aku masi ingat aba-aba yang diberikan, masi mengiang di telingaku
saat-saat ketika kita semua bersatu untuk melakukan sesuatu dengan serius.
ketika upacara bendera terasa begitu mendebarkan,
ketika upacara bendera terasa begitu penting, begitu sakral.

ketika perlombaan semakin dekat, dan latihan semakin diketatkan
aku merindukan itu semua, ketika kita semua bersatu
untuk satu tujuan...(2)

saat sekarang ini, dimanakah bisa kutemukan perasaan itu kembali?
dimanakah perasaan bersatu itu dapat kurasakan lagi.

17 agustus menjadi momen untuk kita bertambah liburan sehari,
untuk kita jalan-jalan maupun tidur-tiduran di rumah.
apa yang salah dengan kita/.
warga negara sendiri tetapi tidak memedulikan negaranya sendiri

mengapa malah orang asing, yang bahkan tidak pernah menginjakkan kakinya
di tanah kita ni yang meneriakkan MERDEKA?(3)
mereka yang mengucapkan Selamat Ulang Tahun Indonesia.
HEi... dimanakah semua penduduk indonesia?
sudah tidah punya hatikah? sudah tidak punya otakkah?
aku tidak tahu..
karena aku juga warga Indonesia,
aku malu dengan semua ini.

ps:
(1) maksudku, anggota paskibraka terdiri dari 66 orang, yang merupakan 2 orang perwakilan dari tiap provinsi di Indonesia.
(2) masi kuingat, dulu kita bolos sekolah dikelas dan malah latihan di lapangan, hasilnya tidak mengecewakan, kita berhasil membawa pulang piala.Lapangan yang panas, cuaca yang terik, kulit yang hitam, tetapi kita selalu tertawa.. aku merindukan itu
(3) aku punta twitter, dan sangat terkejut ketika Joel Madden, anggota Good Charlote (pernah konser di Indonesia) mengucapkan Happy B Day Indonesia, kemudian disusul Pete Wentz (tidak pernah ke Indonesia, mungkin mengikuti Joel, namun sangat kuhargai) RT @JoelMadden, Happy B Day Indonesia. Dan terakhir Joel Madden menuliskan MERDEKA good night,
itu sudah lebih lebih dari cukup untuk Indonesia.

Tidak ada komentar: